Community Forums
Dalil-dalil mengatakan Allah dimana-dimana
Diskusi terbuka untuk ahli sekitar persoalan Aqidah
Go to page 1, 2, 3 ... 19, 20, 21  Next
Post new topic   This topic is locked: you cannot edit posts or make replies.   Printer Friendly Page     Forum IndexAqidah
View previous topic :: View next topic  
Author Message
Yusof
Pro Sunnah



Joined: Jul 19, 2009
Posts: 4213
Location: Kuantan, Pahang

PostPost subject: Dalil-dalil mengatakan Allah dimana-dimana
Posted: Sat Dec 17, 2011 7:05 am
Reply with quote

Assalamualaikum

Setakat yang saya tahu, golongan jahmiyah mengatakan Allah dimana-mana dan bukannya di atas 'Arash

Sila kongsikan dalil-dalil mereka dahulu dan ketepikan segala prasangka, kebencian dan penghujatan

Kita kumpulkan dahulu dalil-dalil mereka

Selepas dikumpulkan, baru dimulakan sokongan dan bidasan pada dalil

Jazakallah

_________________
Politician looks for next election, Statesman looks for next generation

titian-sebenar.blogspot.com/
Back to top
View user's profile
fey_hung
Banned User



Joined: Oct 31, 2011
Posts: 69

PostPost subject: Re: Dalil-dalil mengatakan Allah dimana-dimana
Posted: Sat Dec 17, 2011 4:49 pm
Reply with quote

Yusof wrote:
:salam

Setakat yang saya tahu, golongan jahmiyah mengatakan Allah dimana-mana dan bukannya di atas 'Arash

Sila kongsikan dalil-dalil mereka dahulu dan ketepikan segala prasangka, kebencian dan penghujatan

Kita kumpulkan dahulu dalil-dalil mereka

Selepas dikumpulkan, baru dimulakan sokongan dan bidasan pada dalil

Jazakallah

Adakah Sayyidina Ali kwjh ni jahmiyah?


Imam Sayyidina Ali kw mengatakan “Sesungguhnya Allah menciptakan ‘Arsy (makhluk Allah yang paling besar) untuk menampakkan kekuasaan-Nya bukan untuk menjadikannya tempat bagi DzatNya” (diriwayatkan oleh Abu manshur al baghdadi dalam kitab alfarq baynal firoq hal 333)

Imam Sayyidina Ali kw mengatakan yang maknanya: “Sesungguhnya yang menciptakan ayna (tempat) tidak boleh dikatakan bagi-Nya di mana (pertanyaan tentang tempat), dan yang menciptakan kayfa (sifat-sifat makhluk) tidak boleh dikatakan bagi-Nya bagaimana“ (diriwayatkan oleh Abu al Muzhaffar al Asfarayini dalam kitabnya at-Tabshir fi ad-Din, hal. 98)
Back to top
View user's profile
Jurjis
Banned User



Joined: Oct 30, 2011
Posts: 255

PostPost subject: Re: Dalil-dalil mengatakan Allah dimana-dimana
Posted: Sat Dec 17, 2011 4:51 pm
Reply with quote

1. “Dan Dia bersama kamu di mana saja kamu berada.” (QS. Al-Hadid : 4)


2.
قَالَ رَسُوْلُ اللهِ : "كَانَ اللهُ وَلَمْ يَكُنْ شَىءٌ غَيْـرُهُ" = رواه البخاري والبيهقي وابن الجارود

Rasulullah SAW bersabda: “Allah ada pada azal (Ada tanpa permulaan) dan belum ada sesuatupun selainNya”. (HR Bukhari, Al Bayhaqi dan Ibn Al-Jarud)


( لَيْسَ كَمِثْلِهِ شَىءٌ ) (سورة الشورى: 11)


Ni dh ckup tuk kami berpengang bahawa Allah SWT tu tidak bertempat...
Back to top
View user's profile
nurledge
Panel Aqidah



Joined: Jun 24, 2008
Posts: 1207

PostPost subject: Re: Dalil-dalil mengatakan Allah dimana-dimana
Posted: Sat Dec 17, 2011 5:00 pm
Reply with quote

Jurjis wrote:

1. “Dan Dia bersama kamu di mana saja kamu berada.” (QS. Al-Hadid : 4)


2.
قَالَ رَسُوْلُ اللهِ : "كَانَ اللهُ وَلَمْ يَكُنْ شَىءٌ غَيْـرُهُ" = رواه البخاري والبيهقي وابن الجارود

Rasulullah SAW bersabda: “Allah ada pada azal (Ada tanpa permulaan) dan belum ada sesuatupun selainNya”. (HR Bukhari, Al Bayhaqi dan Ibn Al-Jarud)


( لَيْسَ كَمِثْلِهِ شَىءٌ ) (سورة الشورى: 11)


Ni dh ckup tuk kami berpengang bahawa Allah SWT tu tidak bertempat...

Sila tuan quota secara penuh #1 , #2 and #3; edit balik kalau boleh.
Back to top
View user's profile Visit poster's website
fey_hung
Banned User



Joined: Oct 31, 2011
Posts: 69

PostPost subject: Re: Dalil-dalil mengatakan Allah dimana-dimana
Posted: Sat Dec 17, 2011 5:07 pm
Reply with quote

Allah itu dekat itu bukan berarti bahwa Allah ta’ala bertempat di bumi , di langit atau di mana-mana. Maha suci Allah ta’ala dari “di mana”.

Allah itu dekat dapat kita yakini dengan SifatNya, NamaNya dan perbuatanNya sedangkan SifatNya,NamaNya dan perbuatanNya tidak berpisah dengan dzatNya. Jadi dengan sifatNya, NamaNya dan perbuatanNya lah kita menjadi seolah-olah melihat dzatNya inilah yang dinamakan dengan Ihsan atau Tasawuf dalam Islam yang salah satu pokoknya adalah tentang mengenal Allah ta’ala (ma’rifatullah).
Back to top
View user's profile
salikin
Banned User



Joined: Dec 01, 2011
Posts: 462

PostPost subject: Re: Dalil-dalil mengatakan Allah dimana-dimana
Posted: Sat Dec 17, 2011 5:30 pm
Reply with quote

AlBaqarah-186
Dan apabila bertanya hamba-ku tentang aku, Maka Sungguh aku Dekat.

41:Alfushilat
سَنُرِيهِمْ آيَاتِنَا فِي الآفَاقِ وَفِي أَنْفُسِهِمْ حَتَّى يَتَبَيَّنَ لَهُمْ أَنَّهُ الْحَقُّ أَوَلَمْ يَكْفِ بِرَبِّكَ أَنَّهُ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ شَهِيدٌ
Akan kami perlihatkan tanda tanda kami pada segenap penjuru dan pada diri mereka sehingga jelas bagi mereka bahawa dia haq benar,dan apakah tidak cukup dengan tuhan kamu bahawa dia atas segala sesuatu menjadi saksi.

أَلا إِنَّهُمْ فِي مِرْيَةٍ مِنْ لِقَاءِ رَبِّهِمْ أَلا إِنَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ مُحِيطٌ
Ingatlah sesungguhnya mereka dalam keraguan dari pertemuan tuhan mereka , ingatlah dia dengan segala sesuatu maha meliputi.

17.AlIsraa. Ayat 60
وَإِذْ قُلْنَا لَكَ إِنَّ رَبَّكَ أَحَاطَ بِالنَّاسِ وَمَا جَعَلْنَا الرُّؤْيَا الَّتِي أَرَيْنَاكَ إِلا فِتْنَةً لِلنَّاسِ وَالشَّجَرَةَ الْمَلْعُونَةَ فِي الْقُرْآنِ وَنُخَوِّفُهُمْ فَمَا يَزِيدُهُمْ إِلا طُغْيَانًا كَبِيرًا
Dan ketika kami berfirman kepada kamu, sesungguhnya tuhan kamu meliputi manusia, dan tidak kami jadikan mimpi yang kami perlihatkan kepada kamu melainkan ujian bagi manusia dan pohon yang terkutuk dalam Alquran. Dan kami menakuti mereka,tetapi tidak menambah mereka melainkan kedurhakaan yang besar.

AnNisaa 108
وَلا تُجَادِلْ عَنِ الَّذِينَ يَخْتَانُونَ أَنْفُسَهُمْ إِنَّ اللَّهَ لا يُحِبُّ مَنْ كَانَ خَوَّانًا أَثِيمًا
يَسْتَخْفُونَ مِنَ النَّاسِ وَلا يَسْتَخْفُونَ مِنَ اللَّهِ وَهُوَ مَعَهُمْ إِذْ يُبَيِّتُونَ مَا لا يَرْضَى مِنَ الْقَوْلِ وَكَانَ اللَّهُ بِمَا يَعْمَلُونَ مُحِيطًا

Mereka bersembunyi dari manusia dan tidak mereka bersembunyi dari Allah.Dan dia berserta mereka ketika mereka menetapkan dimalam apa yang tidak Dia meredhai dari perkataan. Dan adalah Allah dengan apa yang mereka kerjakan maha meliputi.


Annisaa 126
وَلِلَّهِ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الأرْضِ وَكَانَ اللَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ مُحِيطًا
Dan milik Allah apa yang dilangit dan apa yang dibumi dan adalah Allah dengan segala sesuatu meliputi.

AlHadid 4
هُوَ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضَ فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى الْعَرْشِ يَعْلَمُ مَا يَلِجُ فِي الأرْضِ وَمَا يَخْرُجُ مِنْهَا وَمَا يَنْزِلُ مِنَ السَّمَاءِ وَمَا يَعْرُجُ فِيهَا وَهُوَ مَعَكُمْ أَيْنَ مَا كُنْتُمْ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ
Dia yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa. Kemudian dia bersemayam di atas arsy, dia mengetahui apa yang masuk dalam bumi dan apa yang keluar darinya dan apa yang turun dari langit dan apa yang naik didalamnya. Dan dia berserta kalian dimana saja adalah kalian, Dan Allah terhadap apa yang kalian kerjakan , melihat.

Hud Ayat 61
وَإِلَى ثَمُودَ أَخَاهُمْ صَالِحًا قَالَ يَا قَوْمِ اعْبُدُوا اللَّهَ مَا لَكُمْ مِنْ إِلَهٍ غَيْرُهُ هُوَ أَنْشَأَكُمْ مِنَ الأرْضِ وَاسْتَعْمَرَكُمْ فِيهَا فَاسْتَغْفِرُوهُ ثُمَّ تُوبُوا إِلَيْهِ إِنَّ رَبِّي قَرِيبٌ مُجِيبٌ
Dan kepada Tsamud saudara mereka saleh,Dia berkata:”waHai kaumku,sembahlah Allah ,tidak ada bagi kalian dari tuhan selain dia, Dia, Dia menciptakan Kalian dari bumi dan dia memakmurkan kalian didalamnya, maka mohon ampun kepadanya kemudian bertaubatlah kalian kepadanya.Sesungguhnya tuhanku amat dekat- Dan Maha memperkenankan Doa

Saba-50
قُلْ إِنْ ضَلَلْتُ فَإِنَّمَا أَضِلُّ عَلَى نَفْسِي وَإِنِ اهْتَدَيْتُ فَبِمَا يُوحِي إِلَيَّ رَبِّي إِنَّهُ سَمِيعٌ قَرِيبٌ
Katakanlah jika aku sesat maka sesungguhnya aku sesatkan atas diriku, dan jika aku mendapat petunjuk maka dengan apa mewahyukan kepadaku tuhanku, Sesungguhnya dia Maha mendengar lagi Maha Dekat.


وَلَقَدْ خَلَقْنَا الإنْسَانَ وَنَعْلَمُ مَا تُوَسْوِسُ بِهِ نَفْسُهُ وَنَحْنُ أَقْرَبُ إِلَيْهِ مِنْ حَبْلِ الْوَرِيدِ
Dan sesungguhnya kami telah menciptakan manusia dan kami mengetahui apa yang membisikkan padanya akan jiwanya,dan kami lebih dekat kepadanya dari urat lehernya.

Al Waqiah
فَلا أُقْسِمُ بِمَوَاقِعِ النُّجُومِ
Maka Aku bersumpah dengan tempat beredarnya bintang-bintang.
وَإِنَّهُ لَقَسَمٌ لَوْ تَعْلَمُونَ عَظِيمٌ
Sesungguhnya sumpah itu adalah sumpah yang besar kalau kamu mengetahui,
إِنَّهُ لَقُرْآنٌ كَرِيمٌ
sesungguhnya Al Qur'an ini adalah bacaan yang sangat mulia,
فِي كِتَابٍ مَكْنُونٍ
pada kitab yang terpelihara (Lohmahfuz),
لا يَمَسُّهُ إِلا الْمُطَهَّرُونَ
tidak menyentuhnya kecuali hamba-hamba yang disucikan.
تَنْزِيلٌ مِنْ رَبِّ الْعَالَمِينَ
Diturunkan dari Tuhan semesta alam.
أَفَبِهَذَا الْحَدِيثِ أَنْتُمْ مُدْهِنُونَ
Maka apakah kamu menganggap remeh saja Al Qur'an ini?,
وَتَجْعَلُونَ رِزْقَكُمْ أَنَّكُمْ تُكَذِّبُونَ
kamu (mengganti) rezeki (yang Allah berikan) dengan mendustakan (Allah).
فَلَوْلا إِذَا بَلَغَتِ الْحُلْقُومَ
Maka mengapa ketika nyawa sampai di kerongkongan,
وَأَنْتُمْ حِينَئِذٍ تَنْظُرُونَ
padahal kamu ketika itu melihat,
وَنَحْنُ أَقْرَبُ إِلَيْهِ مِنْكُمْ وَلَكِنْ لا تُبْصِرُونَ
dan Kami lebih dekat kepadanya daripada kamu. Tetapi kamu tidak melihat,
Back to top
View user's profile
salikin
Banned User



Joined: Dec 01, 2011
Posts: 462

PostPost subject: Re: Dalil-dalil mengatakan Allah dimana-dimana
Posted: Sat Dec 17, 2011 5:51 pm
Reply with quote

Telah mengabarkan kepada kami Yazid bin Harun telah mengabarkan kepada kami Humaid dari Anas, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: \"Jika seorang hamba melaksanakan shalat maka sesungguhnya ia sedang berdialog dengan Tuhannya, atau Tuhannya berada di antara dirinya dan Kiblat. Kemudian apabila salah seorang di antara kalian meludah, maka hendaknya ia meludah ke samping kirinya atau di bawah kakinya.\" Atau beliau mengatakan: \"Meludah di pakaiannya dan menggosok sebagian kainnya dengan sebagian yang lain.\"-Sahih Sunan AdDarimi(Ihsan lidwa)
Back to top
View user's profile
nurledge
Panel Aqidah



Joined: Jun 24, 2008
Posts: 1207

PostPost subject: Re: Dalil-dalil mengatakan Allah dimana-dimana
Posted: Sat Dec 17, 2011 6:06 pm
Reply with quote

Petikan penuh ke atas dalil yg diberi oleh Jurjis (tulisan merah, petikannya yg asal)

هُوَ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَىٰ عَلَى الْعَرْشِ ۚ يَعْلَمُ مَا يَلِجُ فِي الْأَرْضِ وَمَا يَخْرُجُ مِنْهَا وَمَا يَنزِلُ مِنَ السَّمَاءِ وَمَا يَعْرُجُ فِيهَا ۖ وَهُوَ مَعَكُمْ أَيْنَ مَا كُنتُمْ ۚ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ


Ayat ini adalah dalil kpd Allah berada di atas arash, sementara makna sifat Ma'iyyah dijelaskan dgn ayat selepasnya. Sesuai
dengan athar2 ulamak salaf i.e imam malik rhm الله في السماء وعلمه في كل مكان لا يخلو منه شيء Allah berada di atas langit dan ilmu-Nya ada di setiap tempat – tidak ada sesuatupun yang luput dari-Nya -riwayat Abdullah Ahmad al Sunnah

وعن عمران بن حصين عن رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قال - كَانَ اللَّهُ وَلَمْ يَكُنْ شَيْءٌ غَيْرُهُ وَكَانَ عَرْشُهُ عَلَى الْمَاءِ وَكَتَبَ فِي الذِّكْرِ كُلَّ شَيْءٍ وَخَلَقَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضَ


Hadis ini adalah penjelasan tentang dalil asal usul kejadian, tidak ada kena mengena dgn dalil Allah tidak bertempat atau dimerata tempat.

لَيْسَ كَمِثْلِهِ شَيْءٌ وَهُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ

Boleh rujuk pada penjelasan syeikh Syatibi makna mithliyyah pada ayat ini. Ahlul taktil/takwil biasanya ambil separuh shj krn manhaj insbat yg ada pada separuh lagi ayat membawa masalah pada manhaj mrk.


Last edited by nurledge on Sat Dec 17, 2011 6:19 pm; edited 1 time in total
Back to top
View user's profile Visit poster's website
salikin
Banned User



Joined: Dec 01, 2011
Posts: 462

PostPost subject: Re: Dalil-dalil mengatakan Allah dimana-dimana
Posted: Sat Dec 17, 2011 6:19 pm
Reply with quote

Sebelum Allah menciptakan sesuatu,
Apa yang ada Di antara bumi dan langit dan seluruhnya.?
Back to top
View user's profile
salikin
Banned User



Joined: Dec 01, 2011
Posts: 462

PostPost subject: Re: Dalil-dalil mengatakan Allah dimana-dimana
Posted: Sat Dec 17, 2011 6:37 pm
Reply with quote

وَلِلَّهِ الْمَشْرِقُ وَالْمَغْرِبُ فَأَيْنَمَا تُوَلُّوا فَثَمَّ وَجْهُ اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ وَاسِعٌ عَلِيمٌ
Dan Milik Allah lah timur dan barat, maka di mana sahaja kalian menghadap,maka di situlah wajah Allah,Sungguh Allah Maha Luas , Maha Mengetahui.-AlBaqarah 115
Back to top
View user's profile
salikin
Banned User



Joined: Dec 01, 2011
Posts: 462

PostPost subject: Re: Dalil-dalil mengatakan Allah dimana-dimana
Posted: Sun Dec 18, 2011 6:40 am
Reply with quote

Quote::
Telah menceritakan kepada kami Hasan bin 'Ali Al Hulwani dan 'Abad bin Humaid. Hasan berkata; Telah menceritakan kepada kami Ya'qub. Dan 'Abad berkata; Telah menceritakan kepadaku Ya'qub bin Ibrahim bin Sa'd; Telah menceritakan kepada kami Bapakku dari Shalih dari Ibnu Syihab; Telah menceritakan kepadaku 'Ali bin Husain bahwa 'Abdullah bin 'Abbas berkata; \"Seorang sahabat Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dari kalangan Anshar bercerita kepadaku; bahwa pada suatu malam ketika mereka sedang duduk-duduk bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, tiba-tiba mereka dijatuhi bintang (meteor) yang bersinar. Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bertanya kepada mereka: 'Apa yang kalian katakan pada masa jahiliyah apabila dijatuhi bintang seperti ini? ' Jawab mereka; 'Allah dan Rasul-Nya yang lebih tahu. Dahulu kami berkomentar; 'Malam ini telah lahir orang yang besar dan telah meninggal orang yang besar pula.' Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: 'Sesungguhnya bintang (meteor) itu tidak jatuh karena meninggalnya seseorang dan tidak pula karena lahirnya seseorang. Tetapi Rabb kita, yang nama-Nya penuh berkah dan Maha Tinggi, apabila Dia memutuskan suatu urusan, maka bertasbihlah pemikul 'Arasy, kemudian bertasbih pula penduduk langit setelah mereka, sehingga tasbih mereka terdengar pula oleh penduduk langit dunia ini. Kemudian orang-orang yang dekat pemikul 'Arasy berkata kepada mereka; 'Apa yang telah difirmankan Rabb kalian? ' Lalu mereka ceritakan apa yang telah difirmankan Allah. Maka penduduk langit yang lainnya pun saling mencari kabar tersebut sesama mereka, sehingga berita itu sampai pula kepada penduduk langit dunia ini. Berita itu tertangkap oleh bangsa jin, lalu dibisikkannya kepada pemimpin-pemimpin mereka, tetapi mereka dilempar karenanya. Maka apa yang disampaikannya menurut berita yang sebenarnya, itu benar. Tetapi biasanya mereka bohong dan beritanya mereka tambah-tambah.' Dan telah menceritakan kepada kami Zuhair bin Harb; Telah menceritakan kepada kami Al Walid bin Muslim; Telah menceritakan kepada kami Abu 'Amru Al Auza'i; Demikian juga diriwayatkan dari jalur lainnya, Dan telah menceritakan kepada kami Abu Ath Thahir dan Harmalah keduanya berkata; Telah mengabarkan kepada kami Ibnu Wahb; Telah mengabarkan kepadaku Yunus; Demikian juga diriwayatkan dari jalur lainnya, Dan telah menceritakan kepadaku Salamah bin Syabib; Telah menceritakan kepada kami Al Hasan bin A'yan; Telah menceritakan kepada kami Ma'qil yaitu Ibnu 'Ubaidillah seluruhnya dari Az Zuhri melalui jalur ini. Kecuali Yunus berkata; dari 'Abdullah bin 'Abbas; Telah mengabarkan kepadaku beberapa sahabat Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dari kalangan Anshar. Dan di dalam Hadits Al Auza'i di sebutkan; 'Akan tetapi mereka berbohong dan menambah-nambahi beritanya.' Sedangkan di dalam Hadits Yunus dengan menggunakan lafazh 'Wa laakinnahum' (tetapi mereka). Juga ada tambahan; Allah Ta'ala berfirman; \"Sehingga apabila telah dihilangkan ketakutan dari hati mereka, mereka berkata; 'Apakah yang telah di firmankan oleh Tuhanmu? Mereka menjawab; 'Perkataan yang benar.' Adapun di dalam Hadits Ma'qil, 'sama dengan Hadits Yunus.' sebagaimana dikatakan oleh Al Auza'i.
sahih muslim

1.maka bertasbihlah pemikul 'Arasy, kemudian bertasbih pula penduduk langit setelah mereka,

2.sehingga tasbih mereka terdengar pula oleh penduduk langit dunia ini.

3.Maka penduduk langit yang lainnya pun saling mencari kabar tersebut sesama mereka, sehingga berita itu sampai pula kepada penduduk langit dunia ini

Dalam Hadis Ini Ada 2 langit.....

Tuhan berada di langit dia ker( Yang kita tak tahu di mana) atau langit yang di ciptakan untuk kita(DUNIA) nih...


Last edited by salikin on Sun Dec 18, 2011 6:51 am; edited 2 times in total
Back to top
View user's profile
salikin
Banned User



Joined: Dec 01, 2011
Posts: 462

PostPost subject: Re: Dalil-dalil mengatakan Allah dimana-dimana
Posted: Sun Dec 18, 2011 6:46 am
Reply with quote

Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr bin Abu Syaibah dan Zuhair bin Harb dan lafazh ini milik Abu Bakr. Dia berkata; Telah menceritakan kepada kami Waki' dari Mu'awiyah bin Muzarrid dari Yazid bin Ruman dari 'Urwah dari 'Aisyah berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Rahim (kasih sayang) itu tergantung di 'Arasy, seraya berkata;"Siapa yang menyambungkanku, maka Allah pun akan menyambungkannya. Dan barangsiapa yang memutuskanku, niscaya Allah pun akan memutuskannya pula."Sahih muslim

Dimana Rahim?
Dimana Arasy?
Nak sambung pakai apa?
Apabila Bersambung ia(rahim/Kasih sayang) berada Di Mana?
Back to top
View user's profile
salikin
Banned User



Joined: Dec 01, 2011
Posts: 462

PostPost subject: Re: Dalil-dalil mengatakan Allah dimana-dimana
Posted: Sun Dec 18, 2011 7:15 am
Reply with quote

Selagi boleh jawab- manusia akan jawab seolah olah mereka dapat mencapai pengetahuannya tentang Tuhan.Galilah seluruh kitab sampai kebingungan.Nak berebut kononnya aku paling tahu-hehe( Kalau tak tahu dicuba cubanya untuk kelentong dengan takwil)

Apabila Manusia telah tidak dapat jawab lagi seluruh persoalan, maka ketika itulah mereka akan bersujud mengakui kebesaran Allah.

Sujud dan terus sujud.

Tiap Tiap Hari 17 kali angkat takbir Surrender....Masih belum sedar lagi
Back to top
View user's profile
Jurjis
Banned User



Joined: Oct 30, 2011
Posts: 255

PostPost subject: Re: Dalil-dalil mengatakan Allah dimana-dimana
Posted: Sun Dec 18, 2011 8:51 am
Reply with quote

nurledge wrote:
Petikan penuh ke atas dalil yg diberi oleh Jurjis (tulisan merah, petikannya yg asal)

هُوَ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَىٰ عَلَى الْعَرْشِ ۚ يَعْلَمُ مَا يَلِجُ فِي الْأَرْضِ وَمَا يَخْرُجُ مِنْهَا وَمَا يَنزِلُ مِنَ السَّمَاءِ وَمَا يَعْرُجُ فِيهَا ۖ وَهُوَ مَعَكُمْ أَيْنَ مَا كُنتُمْ ۚ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ


Ayat ini adalah dalil kpd Allah berada di atas arash, sementara makna sifat Ma'iyyah dijelaskan dgn ayat selepasnya. Sesuai
dengan athar2 ulamak salaf i.e imam malik rhm الله في السماء وعلمه في كل مكان لا يخلو منه شيء Allah berada di atas langit dan ilmu-Nya ada di setiap tempat – tidak ada sesuatupun yang luput dari-Nya -riwayat Abdullah Ahmad al Sunnah

وعن عمران بن حصين عن رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قال - كَانَ اللَّهُ وَلَمْ يَكُنْ شَيْءٌ غَيْرُهُ وَكَانَ عَرْشُهُ عَلَى الْمَاءِ وَكَتَبَ فِي الذِّكْرِ كُلَّ شَيْءٍ وَخَلَقَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضَ


Hadis ini adalah penjelasan tentang dalil asal usul kejadian, tidak ada kena mengena dgn dalil Allah tidak bertempat atau dimerata tempat.

لَيْسَ كَمِثْلِهِ شَيْءٌ وَهُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ

Boleh rujuk pada penjelasan syeikh Syatibi makna mithliyyah pada ayat ini. Ahlul taktil/takwil biasanya ambil separuh shj krn manhaj insbat yg ada pada separuh lagi ayat membawa masalah pada manhaj mrk.

Baiklah terpulang Tuan nk kata kt mn. Kekefahaman kami al maklum Tuan dh tau...kata kita lihat langit kt M'sia dan Mekah tentu berbeza sbb bumi ini bulat, Yg mnkah kedudukan langit yg sebenar disebelah Mekahkah atau M"sia?
Back to top
View user's profile
Jurjis
Banned User



Joined: Oct 30, 2011
Posts: 255

PostPost subject: Re: Dalil-dalil mengatakan Allah dimana-dimana
Posted: Sun Dec 18, 2011 8:58 am
Reply with quote

salikin wrote:
Telah mengabarkan kepada kami Yazid bin Harun telah mengabarkan kepada kami Humaid dari Anas, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: \"Jika seorang hamba melaksanakan shalat maka sesungguhnya ia sedang berdialog dengan Tuhannya, atau Tuhannya berada di antara dirinya dan Kiblat. Kemudian apabila salah seorang di antara kalian meludah, maka hendaknya ia meludah ke samping kirinya atau di bawah kakinya.\" Atau beliau mengatakan: \"Meludah di pakaiannya dan menggosok sebagian kainnya dengan sebagian yang lain.\"-Sahih Sunan AdDarimi(Ihsan lidwa)

Nk tambah ckit...

Al-Imam Abu Ja'far ath-Thahawi (w 321 H) berkata:


"تَعَالَـى (يَعْنِي اللهَ) عَنِ الْحُدُوْدِ وَاْلغَايَاتِ وَاْلأرْكَانِ وَالأعْضَاءِ وَالأدَوَاتِ لاَ تَحْوِيْهِ الْجِهَاتُ السِّتُّ كَسَائِرِ الْمُبْتَدَعَاتِ"


"Maha suci Allah dari batas-batas (bentuk kecil maupun besar, jadi Allah tidak mempunyai ukuran sama sekali), batas akhir, sisi-sisi, anggota badan yang besar (seperti wajah, tangan dan lainnya) maupun anggota badan yang kecil (seperti mulut, lidah, anak lidah, hidung, telinga dan lainnya). Dia tidak diliputi oleh satu maupun enam arah penjuru (atas, bawah, kanan, kiri, depan dan belakang); tidak seperti makhlukNya yang diliputi oleh enam arah penjuru tersebut".

Perkataan al-Imam Abu Ja'far ath-Thahawi ini merupakan Ijma’ para sahabat dan ulama Salaf (orang-orang yang hidup pada tiga abad pertama hijriyah). Diambil dalil dari perkataan tersebut bahwasannya bukanlah maksud dari Mi'raj bahwa Allah berada di arah atas lalu Nabi Muhammad naik ke arah sana untuk bertemu denganNya. Melainkan maksud Mi'raj adalah untuk memuliakan Rasulullah dan memperlihatkan kepadanya keajaiban-keajaiban makhluk Allah sebagaimana dijelaskan dalam al Qur'an surat al-Isra ayat 1.
Back to top
View user's profile
Display posts from previous:   
Post new topic   This topic is locked: you cannot edit posts or make replies.   Printer Friendly Page    Forum Index Aqidah
Page 1 of 21
All times are GMT + 8 Hours
Go to page 1, 2, 3 ... 19, 20, 21  Next



Jump to:  


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot vote in polls in this forum
You cannot attach files in this forum
You can download files in this forum


Toggle Content Hadith Today
Hadis Abu Hurairah r.a:
Sesungguhnya Rasulullah s.a.w telah bersabda: Tanda-tanda orang munafik ada tiga perkara, iaitu apabila bercakap dia berbohong, apabila berjanji dia memungkiri dan apabila diberi amanah dia mengkhianatinya.

-- HR. Muslim

Toggle Content Pautan Pilihan




Toggle Content Main Menu
 Home Community Members options Forums Search Web Affiliates

Toggle Content Top 10 Download
  1: Tafsir Ibnu Katsir Juz 1
  2: Shahih Sunan Ibnu Majah, Jilid 3
  3: Quran Flash (Tajweed)
  4: Hadith E-Book
  5: Al-Bidayah wa Nihayah, Masa Khulafaur Rasyidin
  6: Tafsir Ibnu Katsir Juz 2
  7: Tafsir Ibnu Katsir Juz 4
  8: Tafsir Ibnu Katsir Juz 3
  9: Quran Explorer
  10: Al-Raheeq al-Makhtum

Toggle Content User Info

Welcome Anonymous

Nickname
Password

Membership:
Latest: krolnaim
New Today: 0
New Yesterday: 0
Overall: 6806

People Online:
Members: 0
Visitors: 99
Bots: 2
Total: 101
Who Is Where:

Staff Online:

No staff members are online!

Toggle Content Top Posters
   thtl 
 Posts: 
 45516 

   FATHI 
 Posts: 
 14197 

   NAZ 
 Posts: 
 12875 

   Ibn_Firdaus 
 Posts: 
 11753 

   mustaqill 
 Posts: 
 11488 

   abu_usamah 
 Posts: 
 9944 


   kayrollz 
 Posts: 
 7919 

   mfauzy 
 Posts: 
 7045 

   Muhammady7 
 Posts: 
 6957 

   AqilHaq 
 Posts: 
 6825 

   Abu_Imran 
 Posts: 
 6735 

   Mohd.Ikram 
 Posts: 
 6613 

   Athma_Godam 
 Posts: 
 6591 

   ummimq 
 Posts: 
 5902 

   abuQays 
 Posts: 
 5779 

   Abuputri2 
 Posts: 
 5724 

   cikgurahim 
 Posts: 
 5033 

   abulwafaa 
 Posts: 
 4962 


   abdullah_ameen 
 Posts: 
 4444 

   abuirfan 
 Posts: 
 4409 

   iman_taqwa 
 Posts: 
 4391 

   alak 
 Posts: 
 4351 

   Yusof 
 Posts: 
 4213 



The logos and trademarks used on this site are the property of their respective owners
We are not responsible for comments posted by our users, as they are the property of the poster